VISI, MISI DAN STRATEGI SDN. CIBABAT MANDIRI 2

I. VISI
“ Menciptakan lulusan yang unggul dalam prestasi berdasarkan Imtaq dan Iptek “.
Melalui Visi ini SDN. Cibabat Mandiri 2 mempunyai rencana pengembangan bahwa siswa yang berasal dari sekolah ini merupakan siswa yang unggul dalam prestasi berdasarkan Iman dan Taqwa serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang patut diteladani oleh siswa lainnya. Keunggulan lulusan dari SDN. Cibabat Mandiri 2 diharapkan bukan hanya prestasi dengan meraih nilai yang tinggi, akan tetapi unggul dalam akhlak dan budi pekertinya yang didapat dari tuntunan agaman serta unggul dalam bidang wawasan keilmuannya yaitu dalam bidang teknologi, minimal dia tahu dan memahami tentang perkembangan dan pesatnya teknologi dewasa ini, contohnya : penggunaan Handpon, Komputer. Dengan demikian lulusan akan siap dan tidak canggung bergaul dengan siswa yang lainnya yang telah mengenal dunia teknologi.
 
II. MISI
1) Mencetak siswa yang seimbang antara Iman Taqwa (IMTAQ) dan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK).
2) Menanamkan prilaku santun dalam pergaulan.
3) Menciptakan sekolah yang berwawasan ramah lingkungan.
4) Memberikan pelayanan yang optimal, agar siswa dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.
5) Membina kerjasama yang harmonis dengan masyarakat dan lingkungan sekolah.
 
Melalui Misi ini SDN. Cibabat Mandiri 2mengharapkan :
a. Dengan keseimbangan Iman dan Taqwa serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi siswa menjadi siap lahir dan batin dalam mempersiapkan diri untuk mengarungi kehidupannya.
b. Dengan penerapan ilmu keagamaan untuk menuju Iman dan Taqwa tadi siswa telah mendapatkan tuntunan tentang pengertian akhlak dan perbuatan, sehingga dalam penerapan di lingkungan pergaulannya dia menjadi siswa yang berbudi pekerti luhur.
c. Sekolah yang berwawasan ramah lingkungan yaitu sekolah yang peduli terhadap keadaan sekitar terutama dalam penerapan sekolah yang ASRI (Aman, Sehat, Rapih dan Indah) sehingga sekolah menjadi objek percontohan dilingkungan masyarakat dan membuat betah orang yang mendiaminya.
d. Memberikan pelayanan yang optimal dalam pendidikan berarti memberikan pelayanan pembelajaran yang sungguh-sungguh dan berkualitas dari Kepala Sekolah, Guru dan Pegawai secara profesional berdasarkan kurikulum yang berlaku, sehingga siswa dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.
e. Kerjasama dengan masyarakat atau lingkungan sekitar sangat diperlukan dalam pengembangan sekolah terutama dengan orang tua siswa dan komite sekolah, hal ini dilakukan sebagai kontrol terhadap kekurangan dan kelebihan sekolah dan secara tidak langsung komite sekolah dan orang tua siswa merupakan komponen penting dalam pengembangan sekolah.
 
 
 
III. STRATEGI
Strategi dalam melaksanakan Visi dan Misi tersebut adalah :
1) Melaksanakan pembelajaran yang optimal.
2) Pembinaan personal secara berkesinambungan.
3) Penerapan kemandirian sekolah di era Otonomi Daerah ( OTDA ).
4) Penataan dan penambahan sarana/prasarana penunjang secara bertahap.
5) Mengoptimalkan kerjasama dengan masyarakat dan instansi lain.
6) Pemeliharaan sarana dan prasarana secara berkesinambungan.

Tidak ada komentar: